Wednesday, April 6, 2011

Transjakarta, Pengujian Moral Orang Jakarta


IMG_1269, originally uploaded by Manogamo.

Gak percaya? Nih..

Busway Transjakarta adalah kendaraan yang setiap hari gue naikin kalo gue mau ke kampus. Menurut gue, itu satu-satunya kendaraan paling efisien, paling murah, dan paling cepet buat gue mencapai Salemba yang nan macet dan jauh itu. Mau naik patas AC 76 dari fatmawati? Omaigat, mau nyampe kapan guee? Yang ada kena macet mulu sepanjang jalan. Mana mahal lagi, 6500. Buset. Mau naik dari blok m dulu terus naik 67? Gila di jalan, iya. Terbukti, Busway Transjakarta betul-betul sebagai penyelamat gue di jalan.

Sekedar tau, kalo kampus gue tuh di salemba. Nama kampus gue sama kayak nama shelternya hahaa (silahkan tebak sendiri). Perjalanan gue itu, dari shelter SMK 57 (busway dari Ragunan) terus entar turun di Halimun. Habis dari Halimun, naik lagi yang ke arah Pulo Gadung. Turun di Matraman, gue naik ke atas buat transit lagi yang ke arah Ancol atau Harmoni (dua-duanya bisa. Naik yang mana aja bisa). Baru deh gue turun depan kampus gue. Well, untuk mencapai shelter SMK 57 itu gue harus naik 2 angkot dulu yang jaraknya jauh-jauh. Mungkin kalo lo baca, rebek yah. Tapi, gak ah. Gue bener-bener menikmati setiap detik perjalanan gue, tanpa BB dan tanpa iPod (sebagian besar orang yang naik busway ragunan itu make begituan semua). Estimate waktunya dari rumah ke kampus itu 2 jam. Jadi kalo kuliahnya jam 2, gue dari rumah jam 12. Dijamin gak telat (kalo gak ada halangan)


Jika gue telat, berarti dikarenakan faktor berikut:

  1. Kemacetan yang tak terduga
  2. Ketelatan Busway yang tak terduga
  3. Problem Busway yang menyebabkan gue muter-muter dulu

Oke. 60,sekian% penyebabnya adalah busway. Faktor serupa juga bisa terjadi saat gue pulang. Oke sekarang kita tidak mempermasalahkan mengapa hal itu terjadi, tapi coba, mari kita lihat efek dari semua itu.

Pertama, penumpang yang numpuk. Busway Ragunan yang sekarang itu, menurut gue, peminatnya makin banyak. Saking banyaknya peminat, kalo yang tadinya tuh shelter kosong, bisa tuh antri jadi rame padahal baru ngantri 5 menit. Pokoknya rame lah. Kedua, semuanya jadi ngedumel, tensi naik, semakin banyak ngomel, semakin lo membutuhkan udara lebih yang menyebabkan udara sekitar menjadi terasa gerah. Bener-bener ga nyaman yah. Ketiga, semua ingin cepat-cepat sampai tujuan, alhasil dorong-dorongan pun terjadi. Menyebabkan gencet sana, gencet sini.
Padahal Busway dibuat demi mengatasi kemacetan di Jakarta, tapi kok yang macet malah orangnya??

Itu baru di shelter induk. Apa kabar di shelter yang lainnya? Seperti pengalaman gue yang kalo pagi-pagi naik dari Ragunan, itu ngantrinya udah kayak apa tau. Karena perjalanan gue jauh, jadinya gue ngantri di antrian duduk (jadi kalo lo ngantri disitu, dijamin lo dapet tempat duduk). Oke, otomatis gue duduk. Yang antrian berdiri juga ada, buat orang yang buru-buru. Oke, masuk semualah itu orang. Tapi kalo di shelter induk, jatohnya lebih tertib. Tempat kosong sdikit dikasih untuk yang antrian berdiri. Jalanlah itu busway. Shelter kedua, ngantrinya gak kalah seru. Seakan-akan shelter kedua itu berfungsi untuk memperpadat isi bus. Masuklah itu orang-orang. Di shelter ketiga fungsinya sekaan-akan untuk mempertegas bahwa busway itu udah penuh, dan kalo diisi lagi, bisa sih, tapi pintu belakang ga bisa dibuka lagi. Akhirnya, masuklah beberapa orang lagi. Oke, itulah akhir dari perjalanan penaikan orang-orang dari busway Ragunan. Di shelter keempat dst , orang-orang udah ga bisa dimasukkin lagi, padahal ngantrinya naujubileeh.
Gimana orang mau masuk? Pintunya aja (yang belakang) ditahan sama yang deket pintu supaya gak kebuka.
Jahat gak tuh?

Ketahanan kaki lo juga di uji! Bayangkan, gue pernah sial. Jadi, dari salemba sampe Departemen Pertanian itu, gue berdiri. BAYANGKAN! GUE BERDIRI SELAMA MELEWATI 20 SHELTER LEBIH!!. Apa gak sial tuh?? Diakatakan gak sial jika lo berdiri di depan orang yang benar. Seperti contoh waktu itu gue berdiri di depan orang bule yang lagi duduk, eh ternyata gue dikasih duduk, padahal dia turunnya juga masih jauh kayak gue. Baik yah. Jujur, orang pribumi belom banyak yang kayak gitu. Boro-boro,
kadang kalo ada ibu hamil, harus disuruh dulu sama mas-mas buswaynya, baru dikasih tempat duduk.
Itu pun kalo beruntung. Terkadang saking padatnya busway, orang-orang yang seharusnya mendapat prioritas tersebut pun jadi gak bisa. Kenapa? Saking padetnya, mau minta tolong ke orang yang duduk aja susah. Temen gue pernah cerita. Ada kakek-kakek yang kakinya udah buntung naik busway bareng istrinya ke arah Kampung Melayu. Saking padatnya itu busway, sampe-sampe si kakek ga ada yang ngasih tempat duduk.
Semua orang cuma ngeliatin aja, ga ada yang berani berkoar biar si kakek itu duduk.
Akhirnya mas-mas buswaynya cuma bisa bilang, “Sabar ya, Pak.” Miris

Pernah pula pengalaman pribadi gue tentang yang aneh-aneh di busway. Gue naik busway dari Dukuh Atas ke Ragunan. Gak begitu padet, tapi gue lagi sial aja, makanya gue berdiri hahaa. Pas gue berdiri, gue tau di depan gue ada 2 orang mbak-mbak (lebih ke tante-tante gemuk sih) yang naik dari antrian orang hamil padahal dia gak hamil (keliatannya). Tapi akhirnya tante-tante itu yang menyelamatkan gue dari bapak-bapak usil yang mepet-mepet ke gue. Makasih ya tantee J

Oh, kejadian tadi sore deh. Padahal gue di antrian paling depan yah (inget PALING DEPAN!), tapi gue ga dapet tempat duduk.

Gue kalah saing sama orang yang lari-lari buat dapetin tempat duduk di samping gue.

Meeen, larii? LARII? Apa harus ya? Kalo emang takdir lo di barisan kedua belakang gue, nyerobotnya gak usah gitu banget kali. Alhasil gue berdiri sampe Jati Padang.Ada lagi orang yang naik bukan dari pintu penaikan, tapi dari pintu penurunan (yang otomatis sepi dari antrian). Langsung diteriakin curang sama mas-mas busway. Bagus mas! Lanjutkan!!

Kalo gue certain tentang busway, mungkin bisa kali yah gue jadiin buku (lebay). “Pengalamanku di Busway Transjarta”. Hahaaa geli ah. Gak gak, gue Cuma bercanda. No way. Tapi, yang mau dipetik dari sini adalah, ketika lo berada di suatu tempat umum, disitulah rasa kemanusiaan, moral, akhlak, tingkah laku lo diuji. Benerrr-bener diuji. Jadi, hati-hati, emang mungkin ga ada hukumannya, tapi paling gak muka lo udah di cap jelek sepanjang perjalanan itu. Mungkin kita gak pernah bakal ketemu lagi, tapi paling gak, kelakuan lo akan selalu gue inget di otak gue.

No comments:

Post a Comment